Background

Cara mencuci rambut yang tepat

Cuci rambut atau keramas merupakan kegiatan sehari-hari yang terasa mudah. Walaupun merupakan kegiatan yang terkesan ringan, mencuci rambut dengan cara yang tepat bisa membuat rambut menjadi lebih sehat.
Tak perlu mengulangi pemakaian shampo. (iStockphoto)


Langkah 1
Usahakan untuk selalu menyisir rambut sebelum keramas agar rambut tidak dalam keadaan kusut saat dicuci. Rambut yang basah lebih rapuh daripada saat kering. Karena itu rambut yang kusut bisa berpotensi patah dan rontok saat dicuci.

Langkah 2
Bilas rambut Anda terlebih dahulu dengan air tanpa shampo. Hal ini bertujuan untuk membilas debu, kotoran dan minyak berlebih yang menempel di rambut sehingga saat selesai keramas, rambut Anda bisa lebih bersih tuntas.

Langkah 3
Saat akan menggunakan shampo, letakkan shampo di telapak tangan sesuai kebutuhan. Jangan biasakan untuk mengaplikasikan shampo langsung ke rambut. Cara tersebut bisa membuat Anda terlalu banyak menggunakan shampo dan berisiko meninggalkan banyak sisanya di kepala.

Gunakan tangan untuk mengaplikasikan sampo di kepala secara merata.

Langkah 4
Keramas bukan hanya mencuci rambut dengan sampo semata. Pastikan Anda juga memijat kulit kepala secara perlahan. Selain membersihkan kulit kepala dengan tuntas, hal ini juga berguna untuk melancarkan peredaran darah di kepala sehingga pertumbuhan rambut menjadi maksimal.

Langkah 5
Tak perlu mengulangi pemakaian shampo. Pemakaian shampo secara berlebihan hanya akan mengurangi kelembapan alami rambut Anda.

Langkah 6
Mengaplikasikan shampo idealnya hanya di kulit kepala saja, tak perlu mengoleskannya ke seluruh permukaan rambut. Saat Anda membasuhnya, shampo tersebut dengan sendirinya akan menyebar ke seluruh bagian rambut.

Langkah 7
Kebalikan dari memakai shampo, jika Anda ingin memakai pelembap (conditioner) jangan memakainya di kulit kepala. Pakailah pelembap di ujung rambut saja. Memakai pelembap di kulit kepala hanya akan membuat rambut Anda terlihat berminyak dan timbulnya ketombe.

Langkah 8
Bilas rambut dengan seksama, pastikan jangan ada bekas sabun dan pelembab yang tersisa. Sisa shampo atau pelembap di rambut bisa menyebabkan iritasi, gatal, serta memicu timbulnya ketombe.

Langkah 9
Usai keramas jangan mengeringkan rambut dengan menggosokan rambut dengan handuk. Cukup lapisi kepala Anda dengan rambut, tepuk-tepuk secara perlahan agar airnya terserap ke handuk. Menggosok rambut yang rapuh saat basah hanya akan menyebabkan kerontokan, rambut patah, serta merusak lapisan rambut yang bisa membuat rambut lebih kusam.

Baca juga:

5 langkah mudah perawatan rambut kering
12 nutrisi bergizi untuk rambut lebih bersinar
Resep alami mengatasi ketombe
[GALERI] Model rambut yang membuat wajah terlihat awet muda
[GALERI] Rambut pendek untuk berbagai bentuk wajah


sumber:http://id.she.yahoo.com/pelajari-langkah-mencuci-rambut-yang-tepat-231726638.html

Categories: Share

Leave a Reply